Senin, 13 Juli 2020

Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan

    Tumbuhan dapat berkembangbiak secara kawinatau generatif. Tumbuhan yang mengalami perkembangbiakan generatif yaitu tumbuhan berbiji. Alat perkembangbiakan pada tumbuhan berbiji adalah bunga. perkembangbiakan generatif pada tumbuhan umumnya didahului dengan penyerbukan (polinasi), yaitu peristiwa jatuhnya benang sari di kepala putik.

        Bunga adalah bagian tumbuhan yang sangat penting dalam proses perkembangbiakan tumbuhan berbiji. Bunga memiliki bagian-bagian berupa tangkai bunga, dasar bunga, kelopak, mahkota, benang sari, pitik dan bakal biji.

            

        Peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik dapat terjadi melalui beberapa perantara, diantaranya oelh angin, air, dans erangga. Angin dapat membantu penyerbukan. serbuk sari yang diterbangkan oleh angin dapat hinggap pada putik bunga lain. Penyerbukan oleh air terjadi pada saat hujan. Air hujan mengenai serbuk sari. Air hujan yang mengandung serbuk sari kemudia jatuh dan mengenai putik sehingga terjadi penyerbukan. lebah adalah salah satu serangga yangs ering menyebabkan terjadinya penyerbukan. pada saat lebah menghisap nektar bunga, sebagian serbuk sari menempel pada kaki lebah. ketika lebah hinggap lagi pada bunga yang lain, serbuk sari yang terbawa akan menempel pada kepala putik sehingga terjadi penyerbukan.

        Setelah terjadi penyerbukan, serbuk sari melepas sel sperma ke dalam biji kemudian melebur dengan sel telur disebut pembuahan (fertilisasi). Pembuahan menghasilkan zigot yang kemudian berkembangmenjadi embrio di dalam bakal biji. Selanjutnya, bakal biji tumbuh menjadi biji. Jika biji ajtuh atau etrsebar pada tanah yang subur, maka biji tersebut akan berkecambah dan tumbuh menjadi individu baru. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal Ulangan Harian Kelas 6

Silahkan kerjakan soal di bawah ini! Memuat…