Minggu, 12 Juli 2020

GURUKU IDOLAKU

      
 Dewasa ini, profesi guru adalah profesi yang sangat diminati oleh banyak orang, hal ini dikarenakan banyak sekolah dinegara kita saat ini sangat kekurangan tenaga pendidik sehingga membuat pemerintah berusaha membuka lowongan pekerjaan untuk guru dengan kuota yang cukup besar. Hal inilah yang membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi guru. Akan tetapi yang menjadi pertanyaan saat ini adalah apakah profesi guru yang kita minati ini merupakan panggilan hati nurani kita untuk mencerdaskan generasi-generasi penerus bangsa atau hanya sekedar keinginan agar cepat mendapatkan pekerjaan? 

        Menjadi guru yang profesional tentu saja idaman bagi yang berprofesi sebagai seorang guru. Seorang guru yang profesional tidak hanya dibuktikan dari sertifikat pendidik yang telah didapatkannya tetapi juga seorang guru yang profesional harus mampu mengabdikan dirinya untuk menuangkan ilmu-ilmunya dan mereka yang tidak lari dari masalah akan tetapi mereka yang menyelesaikannya. Seorang guru juga harus bisa menjadi idaman bagi siswanya dan itu buka hal yang cukup mudah bagi kita. Terkadang kita sebagai seorang guru hanya sekedar menjalankan tugas kita dengan mengajar tanpa mempedulikan apa yang murid-murid kita sedang alami atau apa yang sedang mereka butuhkan. Bahkan terkadang tindakan kita bisa membuat murid-murid kita merasa segan dan takut sehingga ketika mereka mengalami kesulitan mereka akan takut bercerita kepada kita. Sebagai seorang guru kita harus mampu menempatkan diri kita tidak hanya sebagai seorang guru yang tegas tetapi sebagai seorang sahabat sehingga mereka merasa nyaman tetapi juga hormat kepada kita. Seorang guru yang mampu memposiskan diri dihadapan para siswanya adalah Salah satu cara agar hal-hal yang akan disampaikan menjadi mudah diterima oleh siswa. Beberapa hal yang bisa kita lakukan agar bisa menjadi guru yang diidamkan oleh para murid, bisa menjadi sahabat tanpa harus kehilangan wibawa:
⧫ Mampu membangun komunikasi yang menyenangkan contohnya dimulai dengan kebiasaan menyapa mereka, menanyakan hal-hal yang bisa membuat mereka merasa diperhatikan atau dihargai oleh guru, memberikan pujian atau penghargaan ketika mereka melakukan sesuatu yang baik, ketika mereka melakukan kesalahan jangan mengcapkan kata-kata yang kasar yang bersifat menekan, memberikan motivasi dengan bercerita tentang sesuatu yang aktual yang bisa memotivasi diri mereka untuk berusaha agar sukses dalam belajar. dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk membangun komunikasi yang menyenangkan.
⧫ Membangun interaksi yang edukatif artinya  membangun interaksi yang dengans adar meletakkan tujuan untuk mengubah tingkah laku dan perbuatan seseorang
⧫ Menerapkan prinsip reward and punishment yaitu memberi penghargaan atau pujian kepada mereka yang berhasil mengerjakan tugas dengan  baik , sebailiknya ketika mereka melakukan kesalahan maka beri mereka peringatan atau sedikit hukuman yang bisa mendidik mereka untuk tidak mengulangi kesalahannya.
        Masih banyak lagi hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menjadi seorang guru yang tidak ditakuti oelh siswa tetapi menjadi idaman mereka. Sebuah kutipan mengatakan "mengajar yang berhasil adalah mengajar yang melibatkan hati, bukan bergantung pada ucapan kata-kata yang bersifat menekan, mengancam atau membuat siswa tidak nyaman". 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal Ulangan Harian Kelas 6

Silahkan kerjakan soal di bawah ini! Memuat…